24/05/12

Pembenihan Lele Dumbo: 3. Ciri-ciri lele

Oleh: Agus Putra A. Samad 

Ciri-ciri Ikan Lele 

 









Bagi para pembaca yang belum mengetahui dengan jelas bagaimana bentuk ikan lele dumbo, berikut merupakan ciri-ciri yang perlu diketahui yaitu: 
  1. Tubuhnya memanjang, licin dan tidak bersisik;
  2. Bagian dorsalnya berwarna hitam sedangkan bagian ventral berwarna putih susu; 
  3. Sirip dada telah bermodifikasi menjadi patil; 
  4. Mempunyai empat pasang sungut; 
  5. Mempunyai alat olfaktori didekat sungut yang berfungsi untuk perabaan dan penciuman; 
  6. Nocturnal (mencari makan pada malam hari); 
  7. Lele termasuk ikan pemakan campuran (omnivor) tapi cenderung ke arah karnivor; 
  8. Photopobi (tidak begitu suka cahaya)
  9. Mempunyai arborescent (alat pernafasan tambahan).
Tidak seperti beberapa jenis ikan air tawar lainnya seperti ikan nila dan arwana yang sulit dibedakan antara betina dan jantan, ikan lele termasuk kedalam jenis ikan yang sangat mudah menandakan perbedaan antara betina dan jantan. Bagaimana cara membedakan ikan lele jantan dengan ikan lele betina? 

Hal tersebut dapat diketahui dengan melihat ciri-cirinya masing-masing yaitu: pada ikan lele jantan, biasanya memiliki warna kulit dada agak tua bila dibandingkan dengan lele betina, urogenital papila (kelamin) pada ikan jantan agak menonjol, memanjang ke arah belakang dan terletak dibelakang anus.

Sedangkan pada betina berbentuk oval, selain itu, tulang kepala jantan agak gepeng jika dibandingkan dengan kepala betina yang relatif cembung. Perbedaan lainnya yang terlihat amat mencolok adalah pada bagian perut, dimana perut lele jantan lebih langsing dibanding perut lele betina. Klik disini: 4. Pemilihan Induk