24/05/12

Pembenihan Lele Dumbo: 2. Tehnik Pembenihan


 Oleh: Agus Putra A. Samad

Tehnik pembenihan

Terdapat tiga tehnik pembenihan ikan lele yang telah dikenal dalam masyarakat yaitu: cara alami, cara semi-intensif dan cara intensif. Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kelemahan. 

Contohnya, kelebihan dari pembenihan secara alami adalah tidak memerlukan biaya yang besar karena dapat menggunakan media pemeliharaan seadanya dan tanpa perlu membeli hormon. Namun kekurangannya adalah biasanya jumlah benih yang dihasilkan relatif lebih sedikit dan waktu memijahnya pun tidak dapat diprediksi sehingga banyak telur yang mati sebelum mendapatkan perawatan. 

Sedangkan cara pembenihan intensif atau yang lebih dikenal dengan istilah kawin suntik membutuhkan biaya yang besar karena menggunakan hormon untuk merangsang terjadinya proses perkawinan. Selain itu juga menggunakan media penetasan yang lebih steril dan dilengkapi dengan sistem aerasi dan pengatur suhu air. Namun jumlah benih yang dihasilkan relatif lebih banyak dengan kualitas yang lebih terjamin, serta waktu pemijahannya dapat diprediksi.

Cara pembenihan yang paling banyak dilakukan masyarakat kita saat ini adalah cara pembenihan semi intensif yakni dengan menggabungkan kedua tehnik pembenihan diatas. Pembenihan ini telah menggunakan tehnik penyuntikan hormon agar dapat ditentukan waktu pemijahannya. 

Akan tetapi sarana ataupun media pemijahan yang digunakan masih sangat sederhana. Jumlah benih yang dihasilkan akan sangat bervariasi karena sangat dipengaruhi oleh kondisi kualitas air  dan suhu pada saat pemijahan.  Klik disini: Ciri-ciri Ikan Lele