24/05/12

Pembenihan Lele Dumbo: 7. Telur Hingga Larva


 Oleh: Agus Putra A. Samad

Perkembangan telur hingga larva 

        Telur yang berhasil terbuahi (fertil) biasanya akan berwarna bening. Secara umum, mulai dari terjadinya proses fertilisasi (pembuahan sel sperma terhadap sel telur) hingga penetasan telur menjadi larva pada ikan lele berlangsung selama 24 – 36 jam.    

      Setelah telur menetas, larva mempunyai cadangan makanan yang ada di dalam kantung kuning telurnya (yolk sac), sehingga tidak perlu diberi makanan tambahan dari luar. 

        Cadangan makanan tersebut akan habis setelah larva berumur 3 hari. Setelah cadangan makanannya habis diserap, maka larva-larva tersebut akan mencari makanan tambahan. Oleh karena itu, pemberian pakan dilanjutkan dengan pemberian makanan alami (berupa zooplankton) yang mudah dicerna seperti rotifer dan artemia.      
         
         Tetapi bila jenis-jenis makanan tersebut belum tersedia, maka bisa diberi pakan berupa emulsi kuning telur. Emulsi kuning telur tersebut dibuat dari kuning telur rebus yang dilarutkan ke dalam air bersih dan disaring. Cara memberi makannya adalah   4-5 kali sehari. Klik disini: 8. Pemeliharaan Benih