24/05/12

Pembenihan Lele Dumbo: 5. Persiapan Pembenihan

Oleh: Agus Putra A. Samad

Persiapan pembenihan

            Dalam memulai suatu usaha pembenihan ikan lele, tentunya ketersediaan kolam pemeliharaan induk, wadah  pemijahan, penetasan telur dan pemeliharaan larva merupakan faktor utama yang mesti diperhatikan. 

            Pada pelaksanaan pemijahan, wadah yang digunakan dapat berupa kolam tanah, bak semen ataupun fiberglass dengan ukuran 2 x 1.2 x 0.8 m untuk satu pasang induk dengan berat 600 – 700 gram. Wadah tersebut harus dilengkapi dengan pipa saluran pemasukan dan pembuangan air. 

         Sebelum induk yang akan dipijahkan dimasukkan kedalam wadah tersebut maka terlebih dahulu wadah pemijahan harus dibersihkan hingga tidak ada lumut atau kotoran yang menempel. Setelah bersih, wadah tersebut dialiri dengan air bersih dengan kedalaman 40 – 50 cm.

 Perlu diperhatikan bahwa wadah tersebut haruslah terbebas dari sumber penyebab penyakit seperti parasit, bakteri, jamur dan virus, serta terhindar dari serangan hama seperti ular, biawak, berang-berang ataupun kucing. Sebagaimana telah disebutkan pada bab sebelumnya bahwa lele merupakan jenis ikan photofobi (tidak suka pada cahaya yang berlebihan), maka sebaiknya pilihlah lokasi pemijahan yang teduh dan tidak terkena kontak langsung dengan cahaya matahari.

Untuk mencegah hilangnya induk selama berada dalam wadah pemijahan, maka wadah tersebut harus cukup aman dari jangkauan lompatan induk ikan. Selama proses pemijahan berlangsung biasanya induk jantan akan mengejar-ngejar induk betina, sehingga menyebabkan induk betina sering melompat.    

Tentunya proses pemijahan akan gagal seandainya induk betina berhasil keluar dari wadah pemijahan selama proses pemijahan terjadi. Hal ini tentu akan menimbulkan kerugian bagi peternak ikan. Klik disini: 6. Cara Pemijahan