20/02/11

Pusat Komunikasi Perikanan Budidaya Aceh, AACC


@Ibnu Sahidhir

Aceh Aquaculture Communication Center (AACC) merupakan sebuah pusat pelayanan informasi teknis dan pelatihan budidaya  perikanan di Aceh. AACC berlokasi di Balai Budidaya Air Payau Ujung Batee. Dalam kegiatannya saat ini AACC didanai oleh Asian Development Bank (ADB) dan didukung oleh Network of Aquaculture Centres in Asia Pacific (NACA). 


             Pusat komunikasi ini dibentuk sebagai respon terhadap rendahnya kualitas praktek budidaya, karena minimnya akses masyarakat terhadap informasi teknologi budidaya perikanan. Permasalahan-permasalahan dilapangan seperti : penggunaan pestisida, gagal panen karena penyakit, rendahnya koordinaasi antar sesama pembudidaya  serta panjangnnya rantai pemasaran produksi membuat perkembangan budidaya perikanan saat ini terhambat. Pusat komunikasi ini diharapkan akan mampu mendukung peningkatan dan pengembangan sektor budidaya perikanan di Aceh. 

                Dalam memberikan pelayanan, AACC bermitra dengan Aceh Livelihood Service Centre (ALSC) yang merupakan pusat pelayanan budidaya didaerah yang dikelola oleh kelompok-kelompok masyarakat. Saat ini ALSC tersebar di Kabupaten Bireun dan Aceh Utara: Gandapura, Samalanga, Jangka dan Samudera. Dengan distribusi ini, ALSC akan berhubungan langsung dengan pembudidaya dilapangan.

Pelayanan-pelayanan yang diberikan oleh AACC :
1.      Pelayanan Informasi
Memberikan informasi peluang pasar, permintaan dan penawaran, harga komoditas, daftar supplier (hatchery, pakan, obat-obatan, pupuk dan lain-lain) juga artikel terbaru yang berhubungan dengan perdagangan komoditas perikanan baik nasional maupun internasional. Informasi berupa berita-berita atau panduan praktis dalam budidaya perikanan serta penanganan permasalahan. 
2.      Pelayanan Teknis
Memberikan pelayanan teknis yang berhubungan dengan budidaya perikanan serta penangan teknis permasalahan budidaya.
3.      Pelayanan Diagnosa Penyakit
Memberikan pelayanan diagnosa  dan penanganan penyakit, cara pengkoleksian sampel, penanganan sampel dilapangan dan pengiriman untuk analisa penyakit. Pelayanan ini diberikan melalui kerjasama dengan lembaga teknis yang memiliki kapasitas untuk diagnosa penyakit seperti Balai Budidaya Ujung Bate atau pihak lain yang memberikan pelayanan ini. 
4.      Pelayanan Pelatihan
Memberikan  informasi pelaksanaan training,  dan melayani permohonan pelatihan yang berhubungan dengan teknologi budidaya perikanan kepada petambak.